Apa Itu Alipay? Pahami Cara Kerja dan Kegunaannya!

28 Aug 2024 | Baariq Ayumi
Apa Itu Alipay? Pahami Cara Kerja dan Kegunaannya!

Kondisi perilaku konsumen dewasa ini sudah mulai bergeser. Orang-orang lebih banyak memilih untuk berbelanja berbagai macam barang secara online dibandingkan harus datang langsung ke toko fisiknya.

Hal tersebut terjadi karena kemudahan dari metode pembeliannya, saat pembayaranpun dilakukan secara online menggunakan berbagai macam metode, termasuk salah satunya dompet digital.

Di China sana, salah satu dompet digital yang sangat populer digunakan oleh masyarakatnya ialah Alipay. Di dalam artikel ini akan dibahas detail utama yang perlu sobat Ducking tahu tentang penggunaan Alipay sebagai metode pembayaran di marketplace China, simak di bawah ini!
 

Daftar isi
1. Apa Itu Alipay?
2. Bagaimana Cara Kerja Alipay?
3. Apakah Alipay Aman?
4. Penutup
 

 

Apa Itu Alipay?

Alipay merupakan salah satu platform pembayaran online terbesar di mata global. Berdiri pada tahun 2004 di China sebagai anak perusahaan dari Alibaba Group. Alipay sendiri memiliki fungsi utama sebagai penyedia layanan pembayaran yang memfasilitasi transaksi secara daring antara pelanggan dan bisnis di aplikasi Alipay.

Dalam beberapa tahun terakhir, Alipay telah memperluas layanannya tidak hanya sebagai alat pembayaran secara langsung saja. Aplikasi ini sekarang terdapat banyak fitur baru seperti portal pembayaran tagihan, alat pemesanan tiket, dan layanan investasi. 

Alipay terintegrasi dengan jaringan bank dan lembaga keuangan yang luas, juga memungkinkan pengguna untuk memulai pembayaran dengan pengenalan wajah dan kode QR 

Alipay juga telah berekspansi ke luar China, bermitra dengan sistem pembayaran dan lembaga keuangan lokal untuk mendukung transaksi lintas batas dan melayani wisatawan.

Bagaimana Cara Kerja Alipay?

Selain sebagai alat pembayaran, fungsi Alipay juga sebagai dompet digital. Jadi, para user bisa menautkan rekening bank, kartu kredit, dan metode pembayaran lainnya ke akun Alipay mereka. 

User Alipay bisa memilih pembayaran dengan bantuan kode QR, baik di toko maupun online menggunakan aplikasi mobile. Di lokasi fisik, pedagang men-scan kode QR pengguna atau pengguna yang scan kode QR pedagang untuk melakukan pembayaran. 
User juga bisa melakukan pembayaran dengan metode scan kode QR secara online langsung dari situs web atau aplikasi lain dengan mengunggah kode QR di aplikasi Alipaynya atau bisa juga dengan bantuan komputer atau ponsel lainnya.

Alipay memiliki berbagai pilihan bahasa dan mata uang lain, sehingga memperluas basis pengguna di luar tempat asalnya, yaitu China.

Apakah Alipay Aman?

Aplikasi pembayaran seluler Alipay memiliki karakteristik khusus untuk memastikan data dan transaksi Anda aman. Beberapa fitur keamanan meliputi:

Enkripsi Lanjutan : dengan enkripsi, Alipay dapat mengamankan data pribadi Anda, serta membuat pembayaran apa pun aman
Pemantauan waktu nyata : Pemantauan risiko waktu nyata Alipay meninjau data untuk mendeteksi tingkat risiko pengguna serta meninjau semua pembayaran
Manajemen resiko : Alipay menggunakan kerangka manajemen risiko untuk melindungi dari penipuan dan membantu menghentikan pencucian uang

Penutup

Alipay sering kali digunakan oleh importir dari Indonesia sebagai alat pembayaran saat melakukan pembelian barang di 1688 indonesia ataupun taobao indonesia. Hal itu dikarenakan kemudahan yang ditawarkannya.

Akan tetapi jangan khawatir, bagi Anda yang tidak bisa menggunakan Alipay, Ducking memiliki jasa transfer RMB untuk membantu sobat Ducking yang terkendala dalam pembayaran barang yang hendak diimportnya.

Konsultasikan masalah importmu ke Ducking sekarang juga!

Tags


Artikel Terbaru