Cara Super Jitu Menjadi Importir Pemula dalam Bisnis, Dijamin Mudah!

18 Oct 2024 | Baariq Ayumi
Cara Super Jitu Menjadi Importir Pemula dalam Bisnis, Dijamin Mudah!

Banyak orang beranggapan bahwa cara menjadi importir pemula terbilang sulit, namun hal itu terbilang salah. Bukan berarti langsung menyerah dan tidak mau mencoba untuk menuju kesuksesan, untuk lebih mudah dan jitu menjadi importir pemula yang berhasil,

Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara jadi importir, Anda bisa mempelajari segala hal mengenai import, mari disimak berikut ini!

 

Daftar isi
1. Mengapa Perlu Menjadi Importir?
2. Cara Menjadi Importir

2.1 Menentukan dari Negara Mana Kita Import

2.2 Mengidentifikasi Produk yang Akan Diimpor

2.3 Bergabung dengan Komunitas Import

2.4 Memahami Proses Pengiriman Produk

3. Sudah Siap Jadi Importir Sukses?

 

Mengapa Perlu Menjadi Importir?

Pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi memberikan dampak yang baik terhadap industri eksport-import di Indonesia. Saat ini sudah cukup banyak pelaku bisnis yang melakukan proses import barang/produk dalam skala kecil, seperti bisnis rumahan maupun dalam partai besar seperti perusahaan.

Apakah ada keuntungan menjadi importir? Tentu, dari sisi finansial import saat ini semakin berkembang dan menguntungkan karena tingginya tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia dalam membeli barang import yang unik dan berkualitas.

Meski pesaing atau kompetitor di Indonesia cukup banyak, faktanya bisnis import masih belum menunjukan akan tanda-tanda penurunan. Mungkin malah menjadi naik karena didorong perkembangan teknologi seperti sekarang ini.

Cara Menjadi Importir

Kemudian, bagaimana cara mudah dan jitu menjadi importir pemula dalam bisnis? Yuk, baca hingga selesai artikel ini!

1. Menentukan dari Negara Mana Kita Import

cara jadi importir

Cara menjadi importir pemula yang pertama adalah menentukan negara untuk import. Seperti yang kita ketahui, China adalah salah satu negara terpopuler untuk import dan memiliki harga bersahabat dan berkualitas. 1688 dan Taobao adalah 2 website yang paling direkomendasikan untuk Anda yang memiliki modal kecil.

Jadi, Anda harus memahami negara mana yang cocok sebagai permulaan untuk mengembangkan bisnis Anda. Importir wajib paham tahapan yang harus dilakukan dalam import barang dari negara lain karena mempengaruhi harga dan potensi cuan yang akan didapat.

Beberapa contohnya Anda harus mengetahui Harmonized Commodity Description and Coding System yang sering disebut dengan “HS Code” ialah kode barang import yang terdapat pada Buku Tarif Indonesia (BTKI). "Biaya Bea Masuk" PPH dan PPN.

2. Mengidentifikasi Produk yang Akan Diimpor

cara jadi importir modal kecil

Kedua ialah mengidentifikasi atau menentukan produk yang akan diimport. Anda juga harus paham tren pasar dari sasaran Anda. Hal tersebut berkaitan dengan behavior konsumen.

Dengan mengidentifikasi produk, Anda bisa memikirkan keuntungan yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh konsumen dan mendapatkan keuntungan maksimal.

3. Bergabung dengan Komunitas Import

usaha importir

Pada umumnya, untuk bergabung ke beberapa komunitas importir akan dikenakan biaya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, pilihlah komunitas yang gratis dan memiliki lebih dari 20rb anggota. Sudah banyak, salah satunya di Meta.

Perlu Anda waspadai juga, biasanya juga terdapat beberapa penipu dan kompetitor ikut bergabung, jadi Anda perlu untuk teliti.

Untuk mencapai tujuan menjalin kemitraan, Anda bisa memastikan kredibilitas organisasi dengan berbicara dengan anggota yang telah bergabung terlebih dahulu dan bertukar pengalaman.

4. Memahami Proses Pengiriman Produk

bisnis importir

Cara menjadi importir pemula satu ini juga penting. Dalam bisnis import, salah satu kewajibannya ialah paham bagaimana produk dikirimkan dari negara asal sampai tiba di tujuan akhir, baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Alasannya karena di Indonesia memiliki peraturan tertentu untuk mengimport barang melalui Kementerian Perdagangan. Memahami tata cara pengiriman akan memudahkan proses, begitu pula dengan memahami bea cukai yang digunakan terkait barang import yang akan Anda pesan.

Sudah Siap Jadi Importir Sukses?

Begitulah Pembahasan dari 4 langkah cara menjadi importir pemula agar Anda sukses dalam menjalankan bisnis. Nah, jika Anda merasa bingung dan khawatir akan hal yang tidak diinginkan, Anda bisa import dan menjadi pebisnis tunggal tanpa harus melakukan hal-hal diatas, caranya Anda bisa langsung mengunjungi website Ducking.id!

Ducking.id adalah platform belanja import China, dimana Anda bisa langsung mencari dan memilih barang dari Pabrik & Supplier China Tangan Pertama dari marketplace China seperti 1688 & Taobao.

Harga sudah All In, pengalaman dalam menghandle ribuan customer di seluruh Indonesia lebih dari 10 tahun, import aman dan masih banyak lagi lainnya! Ayo jadi importir sukses, hubungi admin Ducking sekarang juga!

Tags


Artikel Terbaru