Tunnel Container: Apa Kegunaannya?

12 Jun 2024 | Baariq Ayumi
Tunnel Container: Apa Kegunaannya?

Sebelumnya kita telah mempelajari berbagai jenis container yang bentuknya sangat unik seperti iso tank container dan reefer container

Adapun modifikasi dari dry container selain flat rack container, yaitu tunnel container yang memiliki tambahan pada bukaannya seperti open top container dan open side container.

Setiap jenis container container memiliki kelebihannya masing-masing, lalu apa kelebihan dari tunnel container itu sendiri? Mari kita simak penjelasan lengkap dari tunnel container di bawah ini!
 

Daftar isi
1. Apa Itu Tunnel Container?
2. Ukuran Tunnel Container
3. Kelebihan Tunnel Container
4. Penutup
 

 

Apa Itu Tunnel Container?

Tunnel container adalah kontainer pengiriman dengan pintu di kedua ujungnya, yang memberikan kemudahan akses dari dua arah. Memiliki sebutan lain juga seperti shipping container tunnels, storage tunnels, and double-end door shipping containers.

Jenis container ini biasanya digunakan untuk merotasi barang yang disimpan dengan menempatkannya di salah satu ujung dan mengambilnya dari ujung lainnya. Hal ini menjadikannya berguna bagi orang-orang yang sering mengakses unitnya atau secara rutin memuat dan membongkar mesin dan peralatan.

Fasilitas penyimpanan mandiri sering kali membagi kontainer ini menjadi dua unit penyimpanan yang lebih kecil. tunnel container dibuat dari baja Corten yang tahan lama, tahan terhadap karat dan dapat bertahan hingga 15 tahun, bahkan dalam kondisi yang sulit. 

Tunnel container mempunyai berbagai keistimewaan. Pintu kanan terbuka terlebih dahulu, dan terdapat pengunci di setiap pintu. Mereka juga memiliki segel karet yang kuat untuk menjaga barang-barang di dalamnya tetap aman dan kering.

Lalu, di bagian dalam kontainer memakai lapisan lantai kayu lapis yang tahan terhadap serangan serangga dan juga dilengkapi pengikat di berbagai titik untuk mengamankan muatan. 

Selain itu, kontainer ini memiliki sistem ventilasi dan kantong garpu, yang ideal untuk forklift industri berat. Tunnel container tersedia sebagai pilihan baru atau yang diperbaharui. 

Meskipun mungkin tidak banyak orang yang menjadikannya pilihan utama untuk digunakan, kontainer ini memberikan penghematan yang signifikan dan merupakan pilihan populer untuk menciptakan ruang yang unik dan ramah lingkungan.

Ukuran Tunnel Container

Kontainer ini biasanya tersedia dalam ukuran container 20 feet dan ukuran container 40 feet untuk penggunaan sekali jalan. Akan tetapi, dalam beberapa kasus biasanya juga dapat diproduksi panjang berapa pun berdasarkan permintaan, bisa ukuran container 10 feet atau ukuran container 45 feet

Namun, biasanya lebih hemat biaya bila memilih opsi 20 feet atau 40 feet jika ruangan Anda dapat menampungnya. Jika Anda memerlukan ukuran yang lebih kecil dari ukuran standar terdekat seperti 27 feet atau 30 feet

Kontainer berukuran khusus dapat menjadi pilihan yang mahal, bahkan mungkin memerlukan biaya yang lebih dari ukuran container 40 feet HC karena adanya pekerjaan tambahan.

Kelebihan Tunnel Container

Tunnel container memiliki beberapa kelebihan. Selain container dengan akses dua sisi yang mereka sediakan, unit ini sangat portabel dan dapat dengan mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain. Manfaat lain dari kontainer terowongan adalah sebagai berikut:

  • Memungkinkan bongkar muat barang yang panjang atau bentuknya tidak beraturan dengan lebih cepat.
  • Akses keluar/masuk unit dengan cepat, tanpa harus memutar saat membawa barang berat atau besar.
  • Anda dapat menggunakan forklift dan alat lainnya untuk memuat dan membongkar kargo.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap dari tunnel container yang bisa Ducking rangkumkan khusus untuk Anda semua. Artikel selanjutnya kita akan membahas container yang tidak kalah uniknya, yaitu insulated container.

Ducking merupakan jasa import china terpercaya yang memiliki pengalaman belasan tahun dalam membantu permasalahan importir Indonesia, jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki kendala dalam import, kami siap membantu Anda kapanpun!

 

Sumber: 

The Fascinating Concept of Tunnel Containers - On Site Storage Solutions

Tags


Artikel Terbaru