Mengenal Apa Itu Pallet, Manfaat dan Berbagai Jenisnya

03 Sep 2024 | Baariq Ayumi
Mengenal Apa Itu Pallet, Manfaat dan Berbagai Jenisnya

Proses stuffing container akan berjalan dengan mudah bilamana penempatan barang pada gudang dilakukan dengan benar. Tidak ada gunanya melengkapi instalasi menggunakan sistem penyimpanan industri jika manajemen muatan masih belum benar, hal tersebut malah dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan kecelakaan yang melibatkan staf gudang.

Memantau beban unit adalah salah satu dari banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam hal keselamatan di gudang.

Dengan demikian, muatan satuan merupakan pengelompokan secara teratur sekumpulan produk yang disusun pada suatu penyangga yang dapat memudahkan penanganan serta pemindahan barang sehingga berfungsi sebagai satu kesatuan logistik.

Penyangga yang dimaksud pada kalimat di atas adalah pallet, untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian, manfaat, dan macam-macam palet yang sering beredar di dunia saat ini, mari ketahui keseluruhannya!
 

Daftar isi
1. Apa Itu Pallet?
2. Manfaat Pallet
3. Jenis Pallet

3.1 Pallet Berdasarkan Dimensi

3.1.1 Pallet Eropa

3.1.2 Pallet Amerika

3.1.3 Pallet Lainnya

3.2 Palet Berdasarkan Jumlah Titik Masuk

3.2.1 4 Titik Masuk

3.2.2 2 Titik Masuk

3.3 Palet Berdasarkan Bahan Pembuatannya

3.3.1 Palet Kayu

3.3.2 Palet Plastik

3.3.3 Palet Logam

3.3.4 Palet Karton

3.4 Jenis Palet Lainnya

3.4.1 Palet Bolak-Balik

3.4.2 Palet Tertutup

3.4.3 Palet Sayap

4. Tips dalam Memuat Pallet
5. Jasa Import China Berpengalaman
 

 

Apa Itu Pallet?

Pallet adalah rangka kaku yang berbentuk seperti papan guna menumpuk muatan dimana barang-barang diletakkan. 

Biasanya penyusunan dilakukan secara teratur pada ketinggian tertentu di atas permukaan palet. Palet akan diangkut dari satu sisi rak atau gudang ke sisi lainnya dengan menggunakan forklift atau truk palet.

Manfaat Pallet

Berikut ini beberapa manfaat pemakaian palet:

  • Bongkar muat yang lebih cepat

Ini membantu pengiriman barang menjadi tepat waktu. Kendaraan pengiriman lebih terorganisasi dan mudah dikelola.

  • Pengurangan kebutuhan tenaga kerja

Karena paletisasi membantu mekanisme proses penyimpanan dan transportasi. Dengan demikian, penanganan manual dan permasalahannya berkurang secara signifikan.

  • Produk yang sensitif terhadap suhu lebih terlindungi

Barang yang mudah rusak dan disimpan di gudang yang tidak memiliki kontrol suhu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk rusak jika disimpan di atas palet.

  • Risiko kerusakan lebih rendah

Palet seperti peralatan pelindung yang menjaga barang tetap aman. Karena ditumpuk dengan benar saat disimpan dan diangkut, palet tidak akan jatuh atau terbentur.

  • Pekerja lebih aman

Karena keterlibatan tenaga kerja lebih sedikit, kemungkinan cedera pada pekerja pun lebih kecil. Dengan cara ini, barang tidak akan jatuh menimpa pekerja.

  • Standardisasi

Karena hampir semua palet memiliki ukuran yang telah disesuaikan sebelumnya yang ditentukan oleh ISO, penumpukan palet dapat direncanakan secara tepat sebelum pengiriman atau bahkan selama pengangkutan.

Jenis Pallet

Terdapat beberapa jenis palet yang beredar saat ini, hal ini akan dibedakan berdasarkan ukuran, bahan, dan lain-lain. Berikut Ducking sajikan penjelasan berserta karakteristiknya:

Pallet Berdasarkan Dimensi

Pallet Eropa

Pallet satu ini memiliki ukuran 1200 x 800 mm dan saat ini paling banyak digunakan di Eropa . Jenis palet ini diatur oleh EPAL (European Pallet Association) dan berdasarkan informasi di website resminya ada sekitar 500 juta yang beredar saat ini.

Selain itu, ini adalah salah satu jenis palet yang distandarisasi oleh ISO (International Organization for Standardization). Oleh karena itu industri dan logistik Eropa menggunakan euro pallet sebagai pilihan utama untuk memfasilitasi distribusi barang dan pengelompokannya dalam proses transportasi dan penyimpanan.

Pengukuran euro pallet ditentukan oleh lebar gerbong truk, kontainer, dan trailer, yang biasanya 2400 mm , yang memungkinkannya ditempatkan dengan cara yang memanfaatkan ruang muatan sepenuhnya.

Karakteristik utama:

  • Ukuran: 800 mm x 1200 mm
  • Bahan: 11 papan kayu, 9 balok, 78 paku
  • Perkiraan berat: 25 kg
  • Beban kerja aman saat berpindah tempat: 1500 kg
  • Beban statis: saat menumpuk palet yang terisi pada permukaan yang padat dan rata, palet terendah tidak boleh melebihi beban lebih dari 5500 kg

Label tersebut berisi berbagai tanda identifikasi, seperti nomor lisensi dan metode perawatan. Namun, yang paling jelas adalah akronim EPAL

Pallet Amerika

Dimensi palet Amerika adalah 1200 x 1000 mm dan banyak digunakan dalam bidang logistik Amerika dan Jepang. Palet ini juga sering dikenal sebagai iso palet dan palet universal.

Karakteristik utama:

  • Ukuran : 1000 mm x 1200 mm
  • Perkiraan berat: 25 kg
  • Beban kerja aman saat bepergian: 1500 kg
  • Beban statis: jangan melebihi 6000 kg pada permukaan yang halus, padat, dan aman

Pallet Lainnya

Organisasi ISO juga memiliki 4 ukuran standar selain palet Eropa dan palet Amerika, yaitu sebagai berikut: 

  • 1016 x 1219 mm 
  • 1165 x 1165 mm
  • 1067 x 1067 mm
  • 1100 x 1100 mm

Jenis palet di atas jauh lebih jarang digunakan daripada palet euro atau palet Amerika.

Palet Berdasarkan Jumlah Titik Masuk

Titik masuk merujuk pada jumlah sisi tempat forklift memasukkan garpunya agar dapat memindahkan muatan, berikut detilnya:

4 Titik Masuk

Pallet ini dapat diangkut dengan akses dari sisi manapun oleh forklift atau peralatan mekanis lainnya, baik dari sisi panjangnya maupun lebarnya.

2 Titik Masuk

Palet hanya dapat diakses dari 2 sisi yang saling berhadapan. Palet ini memiliki mobilitas yang lebih rendah dibandingkan palet dengan 4 titik masuk karena kurang mudah diakses.

Palet Berdasarkan Bahan Pembuatannya
 

Palet Kayu

Palet kayu adalah yang paling sering digunakan, memiliki pangsa pasar sekitar 90% hingga 95%.

  • Keuntungan:

Palet ini memiliki harga yang kompetitif dalam hal ketahanan, keandalan, dan kemudahan perbaikan. Hal tersebut membuatnya memiliki masa pakai yang lama dan mudahnya untuk didaur ulang.

  • Kekurangan:

Kerusakan pada struktur palet jika kayunya terbentur parah dan sulit dalam hal pembersihan maupun disinfeksi .

Palet Plastik

Ini adalah pilihan yang secara bertahap mulai populer dipasaran setelah palet kayu.

  • Keuntungan:

Lebih gampang untuk di-disinfeksi dan dibersihkan daripada yang bahannya kayu. Palet ini memiliki bobot yang lebih ringan dibanding yang berbahan kayu.

Bahkan lebih tahan lama daripada palet kayu karena benturan apa pun hanya menyebabkan kerusakan kecil saja. Kelebihan lain yaitu ramah lingkungan karena 100% bisa didaur ulang.

  • Kekurangan:

Palet lebih rentan terhadap deformasi akibat beban berlebih dan harganya mahal jenis ini daripada bahan kayu. Penting juga untuk mengetahui bahan pembuat palet secara tepat karena ketahanan dan daya tahan akan sangat bervariasi tergantung pada jenis plastiknya. 

Selain itu, jika palet mengalami kerusakan yang cukup parah, paletnya tidak dapat diperbaiki dan mau tidak mau harus mengganti unitnya.

Palet Logam

Jenis ini yang paling kuat dan juga yang terberat, biasanya terbuat dari baja atau aluminium. Paling banyak digunakan dalam industri logam.

  • Keuntungan:

Palet logam mudah dibersihkan dan didisinfeksi, serta memiliki masa pakai yang panjang karena kekuatan dan ketahanannya terhadap benturan. Palet ini juga dapat menahan beban yang sangat berat.

  • Kekurangan:

Bobotnya lebih besar dibandingkan palet yang dibuat dengan bahan lain, sehingga meningkatkan biaya transportasi.

Palet Karton

Jenis ini terlihat begitu ringkih karena memang dirancang khusus untuk mengangkut muatan dengan beban yang ringan.

  • Keuntungan:

Palet ini penggunaannya hanya untuk sekali pakai dan bisa untuk didaur ulang. Selain itu, dari segi harga jenis ini yang paling ekonomis dan mudah ditangani karena beratnya yang ringan. 

  • Kekurangan:

Masa pakainya sangat pendek karena penggunaannya memang hanya untuk sekali pakai saja.

Jenis Palet Lainnya

Palet Bolak-Balik

Ini ialah palet yang memungkinkan untuk menaruh muatannya dapat dilakukan dari atas maupun dari bawah, karena memiliki sisi yang sama persis keduanya.

Palet Tertutup

Jenis ini sering disebut juga sebagai palet datar, palet ini hanya memiliki satu sisi yang dapat dimuat dan ditutup oleh bilah yang menutupi salah satu bagian belakangnya.

Palet Sayap

Jenis ini sangat membantu karena memiliki fasilitas penggunaan sistem pengikat.

Tips dalam Memuat Pallet

Ini adalah hal yang lebih penting daripada yang terlihat, karena penanganan palet dan pemuatan barang yang benar pada penyangga tersebut akan sangat bergantung pada kondisi produk yang benar:

  • Jangan tinggalkan celah di antara palet untuk menghindari penumpukan yang tidak seimbang.
  • Letakkan palet secara melintang jika akan diangkut dengan truk atau sarana transportasi lainnya.
  • Beban tidak boleh melebihi dimensi palet.Jika melebihi, bungkus beban dengan plastik kedap.
  • Ketahui tinggi dan berat muatan untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak palet yang dapat dimuat pada sarana pengangkut atau gudang.
  • Sekelompok barang tersebut idealnya ditempatkan sedemikian rupa sehingga memudahkan forklift dalam menangani palet.

Ducking Jasa Import China Berpengalaman 

Itulah artikel yang dapat Ducking jabarkan kepada sobat Ducking. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.

Jika sobat Ducking perlu bantuan dalam import barang dari China, langsung saja konsultasi sekarang juga! Jangan sampai ketinggalan promo-promo yang bisa buat sobat Ducking makin cuan jualannya!

 

Sumber:
Types of Pallets and uses - AR Racking

Tags


Artikel Terbaru