Marking Adalah Salah Satu Faktor Penting Kesuksesan Dunia Logistik Ekspor dan Import

28 Oct 2024 | Baariq Ayumi
Marking Adalah Salah Satu Faktor Penting Kesuksesan Dunia Logistik Ekspor dan Import

Marking pada cargo memainkan peran sangat penting untuk barang yang diimpor atau diekspor secara berkelompok, meskipun secara hukum kita tidak perlu menandai informasi apa pun. 

Peran dari marking sendiri ialah dalam proses identifikasi dan penanganan produk yang dikirim melalui laut, udara, ataupun darat. Terutama jika pengiriman Anda kecil dan dikirim dengan cara LCL.

Misalkan barang Anda dimuat ke dalam kontainer bersama dengan 100 pesanan lainnya. Dalam kasus ini, penandaan pada kotak Anda dapat membantu petugas penanganan barang menemukan kelompok yang sama dengan mudah, lalu membongkar dan menyortirnya dengan cara yang benar. 

Jika tidak ada informasi utama tentang produk dan penerima, produk Anda kemungkinan akan tercampur atau bahkan hilang saat kontainer dibongkar.

Jadi, apa saja yang harus ditandai pada setiap karton/peti untuk pengiriman internasional? Mari simak artikel di bawah ini!

 

Daftar isi
1. Arti Marking dalam Logistik
2. Fungsi Marking

2.1 Identifikasi dan Pelacakan

2.2 Kepatuhan terhadap Peraturan

2.3 Memfasilitasi Bea Cukai

2.4 Meningkatkan Keamanan

2.5 Merampingkan Operasi Logistik

3. Jenis Marking

3.1 Shipping Mark Utama

3.2 Shipping Mark Sekunder

3.2.1 Merek Penerima

3.2.2 Nomor Karton

3.2.3 Tanda Ukuran dan Berat Karton

3.2.4 Negara Asal

3.2.5 Tanda Penanganan

3.3 Side Marking

4 DucKing.id Spesialis Import China-Indonesia
 

 

Arti Marking dalam Logistik

Dalam ekspor dan impor, marking adalah suatu tanda yang dapat berupa kata pengenal, gambar, angka, atau simbol yang menunjukkan penerima, tujuan, berat, dan informasi produk terkait.

Sederhananya, tanda pengiriman seperti “resume” barang. Dalam perdagangan global, staf terkait akan mendapatkan gambaran kasar tentang barang melalui marking, dimanapun produk berada.

Fungsi Marking

Tanda pengiriman memiliki beberapa fungsi penting dalam proses logistik dan transportasi:

1. Identifikasi dan Pelacakan

Tanda pengiriman berperan penting dalam mengidentifikasi dan melacak pengiriman di seluruh rantai pasokan. 

Tanda ini membantu penyedia logistik, petugas bea cukai, dan penerima dengan cepat mengenali isi dan tujuan paket. Identifikasi ini penting untuk mencegah kehilangan, kesalahan penempatan, dan keterlambatan.

2. Kepatuhan terhadap Peraturan

Banyak negara dan organisasi pengiriman internasional memiliki peraturan khusus mengenai tanda pengiriman. 

Paket yang diberi tanda dengan benar memastikan kepatuhan terhadap peraturan ini, sehingga terhindar dari denda, keterlambatan, dan masalah hukum lainnya. Misalnya, bahan berbahaya harus diberi tanda yang jelas sesuai dengan standar internasional untuk memastikan penanganan dan pengangkutan yang aman.

3. Memfasilitasi Bea Cukai

Otoritas bea cukai mengandalkan tanda pengiriman untuk memproses dan membereskan pengiriman secara efisien. 

Tanda yang akurat dan jelas membantu petugas bea cukai memverifikasi isi, menilai bea dan pajak, serta memastikan bahwa pengiriman mematuhi peraturan impor dan ekspor. Proses ini mempercepat bea cukai dan mengurangi risiko keterlambatan.

4. Meningkatkan Keamanan

Tanda pengiriman tertentu menunjukkan petunjuk penanganan, seperti "Fragile", "Top", atau "Keep Dry." Tanda ini membantu petugas penanganan memahami cara menangani paket dengan benar, sehingga mengurangi risiko kerusakan selama pengiriman. 

Untuk bahan berbahaya, tanda khusus menunjukkan sifat bahaya dan tindakan pencegahan yang diperlukan, guna memastikan keselamatan semua orang yang terlibat dalam proses pengangkutan.

5. Merampingkan Operasi Logistik

Tanda pengiriman menyederhanakan operasi logistik dengan menyediakan informasi penting secara sekilas. 

Staf gudang, pengangkut, dan personel logistik lainnya dapat dengan cepat mengidentifikasi isi dan tujuan paket, sehingga memudahkan penyortiran, pemuatan, dan pembongkaran yang efisien. 

Efisiensi ini mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan kinerja rantai pasokan secara keseluruhan.

Jenis Marking

Shipping Mark Utama

marking adalah

Tanda pengiriman utama biasanya berupa bentuk geometris sederhana (seperti segitiga, lingkaran, berlian, dan lain-lain) dengan representasi tekstual, termasuk nama penerima, nomor kontrak perdagangan atau nomor surat kredit, dan simbol pengiriman.

Tanda pengiriman utama harus tercatat secara lengkap pada dokumen pengiriman terkait seperti surat perintah pengiriman (shipping order), konosemen (bill of lading), manifest, dan sebagainya.

Shipping Mark Sekunder

marking artinya

1. Merek Penerima

Pembeli perlu memberikan informasi dasar seperti nama perusahaan dan pelabuhan tujuan untuk menerima pengiriman barang.

Jika pembeli menginginkannya, boleh saja menambahkan logo perusahaan, nomor pesanan, ditambah informasi produk yang menonjol seperti ukuran dan warna. 

Dari rincian tersebut, pembeli akan lebih mudah menerima barang, dan cepat mengenali produk tanpa membuka kotak karton.

2. Nomor Karton

Pada dasarnya, supplier akan menandai jumlah total kotak karton dan nomor seri kotak tertentu. Misalkan produk Anda dikemas dalam 500 karton, pemasok Anda akan memberi nomor kotak-kotak ini dari 1 hingga 500. 

Mari kita ambil contoh kotak ke-53. Kotak tersebut akan diberi label “Nomor DCK: 53/500”. Tanda ini sangat membantu petugas penanganan saat mengambil, menyortir, dan mengirimkan kiriman Anda.

3. Tanda Ukuran dan Berat Karton

Tanda ukuran karton = dimensi karton: Panjang, Lebar, dan Tinggi, yaitu 

  • __ x __ x __ cm atau inch

Tanda berat = berat kotor dan berat bersih satu karton, yaitu 

  • Gross Weight (GW) : xx kg atau lb
  • Nett Weight (NW) : xx kg atau lb

Dengan informasi ukuran dan berat karton yang diberi label dengan benar, operator dapat dengan cepat menghitung volume pengiriman dalam cbm dan mengatur paket dengan menggunakan ruang sehemat mungkin.

4. Negara Asal

Sama seperti produk yang ditandai dengan negara asal, kotak karton luarnya juga memerlukan tanda ini. Jika Anda mengimpor barang dari China, maka harus ada tanda seperti “Made in China” pada karton Anda.

5. Tanda Penanganan

Petunjuk penanganan membantu memastikan bahwa penanganan kargo dilakukan dengan lebih hati-hati. Harus memungkinkan untuk mengetahui:

  • Apakah paketnya sensitif terhadap panas atau lembab
  • Apakah itu beresiko pecah
  • Dimana bagian atas dan bawah berada dan di mana pusat gravitasi berada
  • Dimana alat muat dapat digantung

Simbol untuk petunjuk penanganan paket distandarkan secara internasional dalam ISO R/780 (International Organization for Standardization) dan dalam DIN 55 402 (DIN, German Institute for Standardization). 

Simbol-simbol tersebut tidak boleh dihilangkan karena sudah jelas dan dapat mengatasi masalah bahasa dalam operasi transportasi internasional.

Istilah Simbol Penjelasan
Fragile, Handle with care

Simbol ini harus digunakan pada kargo yang mudah pecah. Kargo yang ditandai dengan simbol ini harus ditangani dengan hati-hati dan tidak boleh terbalik atau terbanting.

Use no hooks Simbol ini melarang penggunaan kait yang digunakan untuk menangani muatan yang dikemas, hal ini memiliki tujuan agar kemasan tidak mengalami kerusakan.
Top Paket harus selalu diangkut, ditangani, dan disimpan sedemikian rupa sehingga tanda panah selalu mengarah ke atas. Menggulung, mengayun, terguling atau terguling dengan keras, atau penanganan semacam itu harus dihindari. Namun, kargo tidak perlu disimpan "di atas".
Keep away from heat (solar radiation)

Kepatuhan terhadap simbol tersebut paling baik dicapai jika kargo disimpan dalam kondisi sedingin mungkin. 

Dalam keadaan apa pun, kargo harus dijauhkan dari sumber panas. Mungkin perlu ditanyakan apakah suhu yang berlaku atau yang diantisipasi dapat membahayakan. 

Label ini biasa digunakan untuk barang-barang, seperti mentega dan cokelat, yang diketahui semua orang tidak boleh terkena panas, untuk mencegah kerusakan produk.

Protect from heat and radioactive sources Penyimpanan seperti pada simbol sebelumnya. Kargo juga harus dilindungi dari radioaktif.
Sling here

Simbol tersebut hanya menunjukkan dimana muatan harus digantung, tetapi bukan metode pengangkatan. 

Jika simbol diterapkan pada jarak yang sama dari tengah atau pusat gravitasi, paket akan tergantung rata jika talinya memiliki panjang yang sama. 

Jika tidak demikian, peralatan untuk menggantung harus diperpendek di satu sisi.

Keep dry

Kargo yang memiliki simbol ini harus dilindungi dari kelembaban yang berlebihan dan karenanya harus disimpan di tempat tertutup. 

Jika paket yang besar atau sangat besar tidak dapat disimpan di gudang atau tempat penyimpanan, paket tersebut harus ditutup dengan terpal.

Center of gravity

Simbol ini dimaksudkan untuk memberikan indikasi yang jelas tentang posisi pusat gravitasi. 

Agar bermakna, simbol ini hanya boleh digunakan di tempat yang pusat gravitasinya tidak berada di tengah.

No hand truck here Tidak adanya simbol ini pada paket berarti diizinkan untuk menggunakan trolley untuk menanganinya.
Stacking limitation Beban penumpukan maksimum harus dinyatakan sebagai "... kg maks". Karena penandaan tersebut hanya berlaku pada paket dengan kapasitas muat kecil, kargo yang memiliki simbol ini harus disimpan di lapisan paling atas.
Clamp here Menyatakan bahwa paket dapat dijepit di titik yang ditunjukkannya.
Temperature limitations Menurut peraturan, simbol harus diberi akhiran "...°C" untuk suhu tertentu atau dalam kasus kisaran suhu, dengan batas suhu atas ("...°C maks") dan bawah ("...°C min"). Suhu atau batas suhu yang sesuai juga harus dicatat pada nota pengiriman.
Do not use forklift truck here Simbol ini hanya boleh digunakan pada sisi-sisi yang tidak dapat dilalui truk forklift. Tidak adanya simbol pada sisi lain paket berarti truk forklift diizinkan untuk digunakan pada sisi-sisi tersebut.
Electrostatic sensitive device

Kontak dengan paket yang memiliki simbol ini harus dihindari pada tingkat kelembapan relatif rendah, terutama jika alas kaki yang digunakan adalah alas kaki yang kedap udara atau lantai tidak menghantarkan arus listrik. 

Tingkat kelembapan relatif yang rendah harus diwaspadai pada hari-hari musim panas yang panas dan kering serta hari-hari musim dingin yang sangat dingin.

Do not destroy barrier

Lapisan penghalang yang (hampir) kedap terhadap uap air dan mengandung bahan pengering untuk perlindungan korosi terletak di bawah kemasan luar. 

Perlindungan ini tidak akan efektif jika lapisan penghalang rusak. Karena simbol tersebut belum disetujui oleh ISO, penusukan pada lapisan luar harus dihindari untuk semua kemasan yang bertuliskan "Packed with desiccants".

Tear off here Simbol ini ditujukan hanya untuk penerima.

 

Side Marking

marking

Rincian pengiriman lainnya seperti nama produk, jumlah, berat bersih, berat kotor, dan ukuran kotak ada di tanda samping.

Penandaan yang akurat dan jelas mengenai berat kotor dan berat bersih penting untuk mencegah keterlambatan bea cukai. Ini adalah alasan paling umum untuk keterlambatan. Pastikan berat yang tepat, berat pada dokumen pengiriman, dan berat yang tertera pada karton saling sesuai.

DucKing.id Spesialis Import China-Indonesia

Begitulah penjelasan lengkap tentang marking yang bisa Ducking sajikan khusus untuk Anda, pelajari setiap elemen marking yang diperlukan jika Anda berkecimpung dalam bisnis ekspor dan import.

Jika Anda memiliki masalah dalam import barang dari China, Thailand, Australia, dan lain-lain, Anda bisa hubungi Ducking untuk berkonsultasi secara gratis.

Ducking merupakan jasa import dari berbagai negara yang bisa bantu Anda dalam pemesanan barang hingga pengiriman barang sampai di depan rumahmu, tunggu apalagi? Hubungi Ducking sekarang!

Tags


Artikel Terbaru